cydia, for dummies

hi guys, have you ever heard about cydia?
gw coba jelasin dalam bahasa yang sangat mudah dimengerti :)


banyak orang bilang bahwa cydia adalah "tanda" bahwa iDevice (iphone/ipad/ipod touch) anda sudah ter-jailbreak. tapi apa anda tau fungsinya?
ya memang benar cydia adalah indikasi bahwa sebuah iDevice sudah ter jailbreak, tapi banyak yang salah persepsi.. bukan berarti ketika cydia sudah hadir di device anda, anda sudah bebas melakukan apapun :)
apa yang akan anda temukan ketika membuka cydia?
tampilan diatas adalah home-nya cydia.. singkatnya, cydia itu bisa disebut seperti "pintu masuk menuju surga" -lebay- hehehehe... tapi memang benar, ketika anda mampu mengoptimalkan fungsi aplikasi ini, anda akan dengan mudah mem-personalisasi-kan iDevice anda.
terdapat 5 bagian utama dari cydia, yaitu home, sections, changes manage, dan search, masing2 memiliki tugasnya masing2. home berfungsi seperi tampilan awal pada website, disitu ada beberapa tips2 singkat dan yang harus diperhatikan adalah sebuah tombol bertuliskan "make my life easier". apapun OS yang anda gunakan, pastikan anda mengklik tombol tersebut, itu berfungsi untuk menyimpan SHSH anda [akan saya jelaskan tentang SHSH di posting lain].

lalu ada section, disinilah  anda dapat menemukan ribuan alasan kenapa anda harus men-jailbreak device anda. disitu terdapat banyak kategori, termasuk themes, keyboard dan lain2.. jadi jika anda berniat untuk memodifikasi tampilan dan fungsi iDevice anda, anda bisa langsung mencarinya disini, dan install langsung. (disarankan dengan koneksi wifi).

lalu ada changes. seperti aplikasi lainya, cydia juga selalu memberi notifikasi ketika terdapat updates baru yang siap didownload untuk membuat cydia anda lebih up-to-date. untuk saat ini versi terbaru cydia adalah 1.1.1


yang paling penting adalah : MANAGE. kenapa? karena cydia itu tidak berdiri sendiri. ia didukung oleh beberapa repository (gudang) yang menyimpan jutaan aplikasi untuk anda. seperti yang saya tulis diatas, cydia hanyalah sebuah pintu masuk, didalamnya ada banyak pintu2 lainya dengan harta karun didalamnya :D.
sebagai contoh, anda bisa memasukan sebuah repository yang beralamat di sinfuliiphonerepo.com dan anda bisa mengakses semua aplikasi yang ada di repo itu. what a beautifull world! :p

sekian sekilas tentang cydia,jika masih sulit dimengerti  anda bisa menghubungi saya atau masih sangat banyak blog yang bisa membantu anda mengenalnya :) cyao!

No comments:

Post a Comment